Tempat ibadah Indonesia Ini Punya Kubah Paling besar di Dunia

Dream – Tempat ibadah Raya Al-Azham yakni tempat ibadah paling besar dan termegah di Kota Tangerang. Tempat ibadah yang dibangun di atas lahan seluas 2,25 hektar dengan luas bangunan 5.775 meter persegi ini memiliki lahan parkir yang begitu luas hingga 14.000 meter persegi.

Dengan luas se besar itu, tempat ibadah ini mampu memuat jumlahnya 15 ribu Pemeluk, sekalian mengukuhkan Al-Azham andaikan tempat ibadah paling besar di kota Tangerang.

Pembangunan tempat ibadah centil Timur Tengah ini ditandai peletakan batu pertama pada 7 Juli 1997 oleh Walikota Tangerang kala itu, Djakaria Machmud.

Trik pembangunan tempat ibadah yang menelan harta se gede Rp28 miliar ini sudah pada 28 Februari 2003, dan diresmikan spontan oleh Menteri Agama RI saat itu, Said Agil Husin Al Munawar.

Satu hal yang spesifik dan spesifik dari tempat ibadah ini merupakan kubah besar nya yang tidak ditopang oleh penjalaran penyangga. Struktur kubah utama yang terletak di anasir tengah ditopang oleh empat kubah kecil yang konkret setengah bulatan di sekelilingnya. Kubah utama tempat ibadah ini diyakini bila kubah tempat ibadah paling besar di jurusan dengan bentangan diameter sepanjang 63 meter.

Di komponen dalam Tempat ibadah, umat manusia dapat menyaksikan 5 kubah bercelup emas dengan hiasan kaligrafi di dalamnya. Kubah yang berjumlah lima memantulkan tanggungan salat lima waktu dalam Islam.

Sementara pada butir luar terselip 4 patok menara yang menyimbolkan empat patok ilmu, merupakan bahasa Arab, syariah, sejarah dan filsafat. Tinggi menara tempat ibadah yang mengantongi 30 meter pula melambangkan jumlah 30 juz dalam Quran. Adapula tinggi kuncup menara yang mempromosikan hingga 6 meter misalnya perlambang rukun iman.

Terletak di tempat Perlu, berjabatan dengan pusar pemerintahan dan dinas Majelis Ajengan Indonesia (MUI) Tangerang, tempat ibadah yang di desain oleh Guru Besar Ilmu Arsitektur ITB, Slamet Wirasonjaya ini menjadi ikon borong kebanggaan warga Tangerang.

Karena kemegahannya, Tempat ibadah Al-Azham sering difungsikan semampang pusar pasal seni dan pasar amal keagamaan Islam. Bahkan, tempat ibadah ini pula kerap difungsikan oleh berbagai rumah produksi asalkan posisi syuting program-program kepercayaan di televisi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *